Pada tingkat tinggi, pemasaran digital mengacu pada iklan yang disampaikan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler. Dengan menggunakan saluran media online ini, pemasaran digital adalah metode yang digunakan perusahaan untuk mendukung barang, layanan, dan merek. Konsumen sangat bergantung pada sarana digital untuk meneliti produk. Misalnya, wawasan pemasaran Think with Google menemukan bahwa 48% konsumen memulai pertanyaan mereka di mesin telusur, sementara 33% melihat situs web merek dan 26% menelusuri dalam aplikasi seluler.

 

Sementara pemasaran digital modern adalah sistem saluran yang sangat besar yang harus dilakukan oleh pemasar pada merek mereka, periklanan online jauh lebih kompleks daripada saluran itu sendiri. Untuk mencapai potensi sebenarnya dari pemasaran digital, pemasar harus menggali lebih dalam dunia lintas saluran yang luas dan rumit saat ini untuk menemukan strategi yang berdampak melalui pemasaran keterlibatan. Pemasaran keterlibatan adalah metode pembentukan interaksi yang bermakna dengan calon pelanggan dan pelanggan kembali berdasarkan data yang Anda kumpulkan dari waktu ke waktu. Dengan melibatkan pelanggan dalam lanskap digital, Anda membangun kesadaran merek, menetapkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran industri, dan menempatkan bisnis Anda di garis depan saat pelanggan siap untuk membeli.

 

Masalah umum yang bisa dipecahkan oleh pemasaran digital

Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda, digital itu wajib. Pemasaran digital dapat membantu Anda mengenal audiens Anda, mempelajari data penting tentang mereka, dan memberikan metrik yang akan memberikan kredibilitas tim pemasaran Anda.

 

Masalah: Saya tidak cukup mengenal audiens saya untuk memulai . Mengenal audiens Anda membutuhkan waktu, dan meskipun tim pemasaran Anda mungkin telah mengembangkan persona audiens yang dapat berguna, konsumen yang secara aktif menghabiskan waktu online mungkin tidak berperilaku seperti yang Anda harapkan. Anda harus menguji bahasa yang berbeda dengan target yang berbeda, dengan mengingat bahwa deskriptor tertentu akan menarik bagi orang yang berbeda dan tempatnya dalam siklus pembelian. Selaraskan diri Anda dengan audiens Anda dan Anda akan membangun kredibilitas yang akan membedakan Anda dari pesaing.

 

Masalah: Saya tidak memiliki strategi media sosial. Terlepas dari apakah Anda ingin mengembangkan strategi media sosial organik, strategi media sosial berbayar, atau perpaduan keduanya, penting untuk memiliki beberapa bentuk pemasaran sosial. Sementara media sosial sangat baik untuk branding dan keterlibatan, itu juga bisa menjadi saluran yang berguna untuk iklan pemasaran digital. Temukan ceruk dan suara yang konsisten, bersabarlah, dan saat pengikut Anda meningkat, dampak iklan Anda juga akan meningkat.

 

Komponen pemasaran digital

Pemasaran digital menjangkau seluruh jaringan besar titik kontak digital yang berinteraksi dengan pelanggan berkali-kali dalam sehari. Untuk memanfaatkan saluran ini dengan benar, Anda harus memiliki pemahaman masing-masing.

 

Pencarian berbayar. Pencarian berbayar, atau iklan bayar per klik (PPC), biasanya mengacu pada hasil bersponsor di bagian atas atau samping halaman hasil mesin pencari (SERP). Iklan ini menagih Anda untuk setiap klik dan dapat disesuaikan untuk muncul ketika istilah pencarian tertentu dimasukkan, sehingga iklan Anda ditargetkan untuk audiens yang mencari sesuatu secara khusus. Iklan ini bisa sangat efektif, karena mengandalkan data yang dikumpulkan dari perilaku online individu dan digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web dengan menayangkan iklan yang relevan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Iklan ini juga melibatkan penargetan ulang, yang berarti bahwa bergantung pada tindakan pelanggan, alat otomatisasi pemasaran dapat membuat iklan lintas platform pribadi yang unik.

 

Pengoptimalan mesin telusur (SEO) .SEO adalah proses mengoptimalkan konten, pengaturan teknis, dan jangkauan situs web Anda, sehingga halaman Anda muncul di bagian atas hasil mesin pencari untuk kumpulan istilah kata kunci tertentu. Menggunakan SEO dapat mengarahkan pengunjung ke situs Anda saat mereka menampilkan perilaku yang menyiratkan bahwa mereka sedang mencari produk yang relevan, yang dapat menjadi pengubah permainan mengingat bahwa 90% orang yang menelusuri belum membentuk opini tentang suatu merek (Status Labs, 2018 ). Sementara PPC dan penargetan ulang memiliki tempatnya, lalu lintas online organik yang diperoleh melalui pengoptimalan mesin telusur memiliki pengaruh yang sangat besar pada peringkat penelusuran dan, dengan ekstensi, lalu lintas situs organik. Dengan menggunakan kata kunci dan frasa, Anda dapat menggunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas secara besar-besaran dan memulai hubungan pelanggan yang langgeng. SEO didefinisikan sebagai meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian online,dan lalu lintas situs organiknya, dengan menggunakan kata kunci dan frasa populer. Strategi SEO yang kuat sangat berpengaruh dalam kampanye pemasaran digital karena visibilitas adalah langkah pertama menuju hubungan pelanggan yang langgeng.

 

Pemasaran konten .

Pemasaran konten yang efektif tidak bersifat promosi lahiriah, melainkan berfungsi untuk mendidik dan menginspirasi konsumen yang mencari informasi. Ketika Anda menawarkan konten yang relevan dengan audiens Anda, itu dapat mengamankan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan sumber informasi yang dapat dipercaya, sehingga kecil kemungkinan upaya pemasaran Anda yang lain akan hilang dalam keadaan statis. Di era pembeli mandiri, pemasaran konten mendapatkan prospek tiga kali lebih banyak daripada iklan penelusuran berbayar, jadi upaya tambahan itu sepadan.

 

Pemasaran media sosial .

Kunci pemasaran media sosial yang efektif lebih dari sekadar memiliki akun media sosial yang aktif. Anda juga harus merangkai elemen sosial ke dalam setiap aspek upaya pemasaran Anda untuk menciptakan sebanyak mungkin peluang berbagi antar-rekan. Semakin banyak pemirsa Anda terinspirasi untuk terlibat dengan konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk membagikannya, berpotensi menginspirasi rekan-rekan mereka untuk menjadi pelanggan juga.

 

Pemasaran email .

Setelah lebih dari dua dekade, email masih menjadi cara tercepat dan langsung untuk menjangkau pelanggan dengan informasi penting. Hari ini, kampanye email yang sukses harus sangat menarik, relevan, informatif, dan menghibur agar tidak terkubur di kotak masuk pelanggan Anda. Agar berhasil, email pemasaran Anda harus memenuhi lima atribut inti. Mereka harus dapat dipercaya, relevan, komunikatif, terkoordinasi lintas saluran, dan strategis.

 

Itulah dia apa yang dimaksud dengan pemasaran digital. Apakah anda ingin menjadi salah satu orang yang ahli dalam dunia pemasaran digital? Jangan khawatir, universa.co.id menjadi jawabannya. Ikuti online course dari universa untuk mendapatkan keterampilan dalam pemasaran digital dan dijamin, anda akan menjadi salah satu orang yang mehir dalam melakukan pemasaran digital. Yuk, bergabung dengan Universa!