Bikin toko online di masa pandemi seperti saat ini adalah solusi untuk menyambung kehidupan karena kondisi yang cukup mengenaskan. Ketika anda kita memulai untuk membuka toko online, maka hal yang paling penting adalah strategi pemasaran. Namun, strategi pemasaran tersebut bisa dikatakan sulit bagi orang yang baru membuat toko online. Banyak orang yang akhirnya salah strategi sehingga penjualan di toko onlinenya tidak berjalan dengan baik.

Strategi Pemasaran

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika bikin toko online sehingga bisa segera menjual produknya adalah dengan memilih strategi pemasaran. Menentukan strategi pemasaran dalam bisnis online harus dipikirkan secara masak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Tentu saja, strategi yang digunakan merupakan strategi dari digital marketing, karena kita sedang membicarakan toko online.

SEO

Apa sih strategi yang harus dipikirkan pertama kali? Yang pertama adalah SEO untuk toko online tersebut. Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin telusur. SEO merupakan teknik optimasi terhadap website atau toko online yang dikelola. Untuk gambaran sederhananya, SEO yang baik dengan kata kunci yang tepat dapat membuat sebuah website atau toko online muncul di halaman terdepat ketika seseorang mencarinya di mesin pencarian seperti google. SEO erat kaitannya dengan penggunaan kata kunci dimana ketika sebuah website atau toko online menggunakan kata kunci yang tepat, maka lama website atau toko online tersebut akan muncul di halaman depan mesin pencarian.

SEO memiliki beberapa manfaat yang ideal untuk bisnis seperti arus lalu lintas sangat dapat diandalkan, yang berarti pendapatan yang dapat diandalkan untuk bisnis kita. Lalu lintas pencarian biasanya memiliki volume lalu lintas tertinggi dari semua sumber lalu lintas. Bahkan dalam skala besar, lalu lintas penelusuran bisa sangat menguntungkan. Dapat diandalkan, volume tinggi, dan menguntungkan. Itu semua yang Anda inginkan.

Ada satu kelemahan utama: SEO membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Meskipun kita mengejar kategori produk tanpa pesaing, masih diperlukan waktu 3-6 bulan untuk melihat laman kita muncul di halaman pertama atau kedua hasil pencarian sesuai kata kunci. Volume lalu lintas akan cukup kecil sampai kita mendapatkan halaman Anda ke peringkat 1-3 teratas pada kata kunci. Jika kategorinya cukup kompetitif, dibutuhkan upaya bertahun-tahun untuk mencapai titik tersebut.

Jika kita menggunakan SEO sebagai strategi pemasaran untuk ketika bikin toko online baru kita akan fokus pada tiga hal: Mengoptimalkan halaman produk kita untuk kata kunci produk. Membangun konten yang bermanfaat dan menarik untuk kata kunci non-produk yang juga ada dalam kategori kita. Ini membantu peringkat halaman produk kita.

Promosi Berbayar

Strategi berikutnya yang bisa digunakan ketika bikin toko online agar bisa segera berjualan adalah dengan melakukan promosi berbayar. Apa itu promosi berbayar? Maksudnya adalah ads atau iklan bersponsor seperti di google, instagram serta facebook.

 

Tetapi apakah pemasaran berbayar tepat untuk bisnis toko online? Ya, pemasaran berbayar adalah pilihan yang bagus jika produk kita adalah jenis barang yang dapat didapatkan di gerai offline. Mengapa? Saluran pemasaran berbayar terbesar saat ini adalah Facebook dan Instagram. Instagram khususnya menjadi sangat populer untuk toko online dalam beberapa tahun terakhir.Tetapi pikirkan kerangka berpikir yang dimiliki seseorang saat menelusuri umpan Facebook atau Instagram. Mereka sedang bersantai selama beberapa menit, menertawakan beberapa foto, dan meninggalkan pesan singkat untuk beberapa teman. Mereka menikmati diri mereka sendiri. Ini sangat mirip dengan cara orang berbelanja di gerai offline.

Kelemahan terbesar dari pemasaran berbayar adalah kita harus mengeluarkan banyak biaya di muka sebelum kita tahu apakah toko online kita dapat menghasilkan keuntungan atau tidak. Banyak dari kita tidak memiliki biaya besar untuk diinvestasikan tanpa peluang yang pasti.  Sebagian besar kampanye berbayar pada awalnya tidak menghasilkan keuntungan. Sebagian besar pemasar berbayar profesional membutuhkan waktu 3–6 bulan sebelum kampanye mereka menghasilkan keuntungan. Jadi berhati-hatilah dan pastikan Anda tidak berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangannya di sini. Jika biaya anda tidaklah besar, pilih salah satu opsi pemasaran lainnya.

Menggunakan Platform Toko Online

Strategi lainnya ketika bikin toko online bisa segera mendapatkan penjualan secara cepat adalah dengan menggunakan platform toko online. Alih-alih membuat toko online sendiri dan menggunakan jenis pemasaran untuk memperoleh traffic yang bagus, kita hanya perlu memanfaatkan salah satu platform e-niaga, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya. Sangat mungkin untuk sukses di salah satu dari ketiganya. Audiens Tokopedia jauh lebih besar yang memberi kita lebih banyak keuntungan dan hampir setiap ceruk produk sudah ada di Tokopedia.

Kita memperlakukan platform mana pun yang telah di pilih sebagai saluran pemasaran. Pertama, kita akan membuat toko online di platform itu dan mengunggah semua produk yang ada. Kedua, kita akan mengoptimalkan toko online dengan kemampuan terbaik sehingga platform tersebut secara algoritma akan menampilkan produk toko online kita.

Mengoptimalkan toko online biasanya melibatkan fokus pada dua hal: Menargetkan halaman produk toko online kita ke kategori spesifik yang dicari di dalam platform tersebut dan mendapatkan sebanyak mungkin ulasan  bintang 5 untuk produk kita. Saat toko online kita meningkatkan istilah pencarian dan ulasan, lebih banyak orang akan melihat produk kita di platform itu, yang akan menghasilkan lebih banyak penjualan untuk toko online kita.

Setelah itu kita akan masuk kepada bagaimana cara memilih jenis toko online yang paling cocok untuk kita. Mari kita ulas apa yang telah kita bahas sejauh ini. Ada tiga jenis strategi bikin toko online yang bisa kita manfaatkan. Jenis-jenis ini didasarkan pada strategi pemasaran yang kita terapkan. Tiga saluran pemasaran untuk toko online adalah:

SEO – kita akan fokus pada konten dan tautan. Membutuhkan: waktu dan kesabaran

Pemasaran berbayar – kita akan membayar sejumlah biaya agar produk kita di promosikan. Memerlukan: 3–6 bulan, uang di muka, dan produk konsumen yang sangat visual dan mudah dipahami dengan titik harga yang ramah impulsif.

Platform yang ada seperti Tokopedia, shopee, dan Lazada – kita akan fokus memenangkan istilah pencarian dalam pasar itu dan mengumpulkan ulasan bintang 5.

Dilihat dari ketiga hal tersebut, maka disarankan agar kita menerapkan strategi pemasaran tersebut sesuai dengan target serta biaya yang dimiliki oleh toko online yang sedang dibangun tersebut.

Setiap strategi pemasaran benar-benar unik. Meskipun beberapa prinsip pemasaran berlaku di semua strategi, kita harus mempelajari semua taktik dari bawah ke atas. Saluran pemasaran online terus berubah. Apa yang berhasil saat ini tidak akan berhasil dalam 12 bulan. Meskipun kita telah menghabiskan satu dekade melakukan SEO, kita masih harus selalu mengasah kemampuan kita di bidang tersebut.

Oke, langkah pertama sudah selesai. Itu memang panjang, tetapi penting bagi kita untuk melakukan hal tersebut agar ketika kita bikin toko online,. Toko tersebut bisa melakukan penjualan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Menemukan Niche Produk yang Tepat

Langkah berikutnya adalah menemukan niche produk yang tepat untuk toko online kita. Setelah memilih strategi pemasaran Anda, memilih ceruk produk adalah keputusan terpenting yang harus dibuat. Sebelum berlanjut, kita harus tahu apa itu niche. Niche adalah suatu kata yang dikhususkan bagi sesuatu yang penting untuk mencapai target marketing. Sedangkan menurut wikipedia, niche adalah bagian dari sektor pasar yang sudah difokuskan dan ditargetkan. Selain penggunaan kata kunci seperti yang dijelaskan sebelumnya, niche juga membutuhkan target, siapa targetnya, serta lokasi grafis yang tepat untuk produk atau jasa yang akan dipasarkan.

Kita ambil contoh sebagai berikut, bila sebuah blog atau website atau toko online membahas tentang otomotif, maka tentu saja yang dibahas serta yang di perjual belikan di dalamnya merupakan produk-produk yang berkaitan dengan otomotif. Secara singkat, niche maksudnya ada penyempitan presepsi untuk calon pembeli agar lebih mudah dalam mencari sebuah produk. Dengan menerapkan niche pada sebuah toko online, maka mesin pencari akan mengakui keunikan dari toko online tersebut dan akan membuat toko online tersebut menjadi otoritas dalam pencariannya.

Tidak hanya itu saja, penerapan niche yang dilakukan akan mempermudah penggunaan SEO, karena topik yang dibahas hanya difokuskan kepada satu hal saja. Maka dari itu, penentuan niche ketika bikin toko online sangatlah penting agar audiens tidak kebingungan ketika ingin membeli produk milik kita.

Pemasaran Melalui Sosial Media

Strategi pemasaran untuk toko online baru juga bisa dilakukan melalui sosial media. Sosial media saat ini sudah menjadi kebutuhan utama. Banyak orang yang berpendapat bahwa mereka sulit untuk hidup tanpa menggunakan sosial media. Hal itulah yang menjadi landasan bahwa pemasaran melaui sosial media sangatlah efektif.

Kunci utama ketika memasarkan sebuah produk di sosial media sebenarnya terletak pada seberapa menariknya konten yang dibuat. Ketika konten yang dibuat menarik, maka audiens akan berdatangan dan menghasilkan traffic yang baik untuk sosial media tersebut. Akibatnya, kans penjualan produk yang di pasarkan melalui sosial media tersebut juga menjadi besar.

Konten yang menarik saat ini bisa berupa apa saja, seperti animasi, video, atau hanya sekedar suara. Visualisasi yang dihasilkan oleh konten bisa menghasut pikiran orang yang melihatnya untuk segera membeli atau sekedar mencoba produk yang sedang di promosikan tersebut. Tidak hanya visual saja, tulisan yang tersemat sebagai caption atau headline di dalam konten juga berpengaruh terhadap keinginan calon pembeli untuk menggunakan produk tersebut.

Itulah dia cara bikin toko online yang bisa segera menjual produknya secara cepat hanya dalam beberapa menit saja. Jika kita bisa mengaplikasikannya, percayalah, produk yang anda jual otomatis habis karena banyak orang yang ingin mencobanya. Namun, dari ketiga promosi pemasaran yang ada tadi, alangkah baiknya jika kita menguasai salah satunya saja. Karena, satu strategi tersebut cukup detail untuk dipelajari, dan ketika kita malah mengaplikasikan semuanya, justru kita akan terpecah fokusnya. Hal itu bisa membuat strategi yang kita jalani justru berantakan.

Untuk lebih menguasai strategi promosi, khususnya dalam dunia pemasaran digital, anda bisa mengikuti course online dari Universa.co.id. di sana, anda akan belajar berbagai macam hal mengenai pemasaran digital, dan dipastikan anda akan menjadi pemasar digital yang ahli. Yuk, segera bergabung dengan Universa!