Cara Mudah Kelola Bisnis Online

Pertumbuhan internet telah menciptakan jenis wirausaha baru. Saat ini, hanya dengan laptop dan koneksi internet, kita bisa memulai bisnis baru dengan biaya yang minimal. Memulai bisnis online bisa sesederhana menyiapkan di platform e-commerce yang ada hingga mendaftarkan domain dan mengurus bisnis kita dengan cara kita sendiri.

Kita tidak memerlukan kualifikasi yang bagus untuk memulai, mengelola, dan mengembangkan bisnis online yang sukses . Sesederhana kedengarannya, kita hanya memerlukan rencana tindakan yang bisa diterapkan untuk memulai dan menerapkan strategi yang tepat untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Apa yang harus di jual secara online?

Ini mungkin salah satu pertanyaan terbesar bagi banyak orang ketika mereka memutuskan untuk meluncurkan bisnis online. Untuk meningkatkan peluang sukses, ada gunanya mencari tahu apakah ada kebutuhan yang dapat kita isi di pasar. Ini tidak bisa terlalu ditekankan: temukan kebutuhan dan penuhi. Lakukan riset sederhana dan temukan masalah yang bisa di pecahkan, dan mulai bekerja secepat mungkin. Kunjungi forum industri, lihat pertanyaan kunci di Quora, buka Reddit dan lakukan penelitian kata kunci. Hal itu menjadi kunci cara mudah kelola bisnis online kita.

Dan tentu saja, gunakan Google untuk melakukan pencarian kata kunci utama untuk menemukan apa yang dicari orang, tetapi tidak banyak perusahaan atau situs yang menyediakan solusi. Kita bahkan dapat memeriksa situs pesaing, dan mencatat apa yang tidak mereka lakukan dan memenuhi permintaan. Dengan semua informasi itu, buat produk baru yang memecahkan masalah, atau memecahkan masalah yang ada, tetapi menjadikannya lebih baik daripada pesaing.

Rancang dan buat situs web yang ramah pengguna

Setelah kita tahu persis apa yang ingin kita jual secara online, dan telah menyusun proses untuk menjual produk, cara mudah kelola bisnis online pertama adalah membuat situs web yang ramah terhadap pelanggan. Banyak situs web dibangun dengan sedikit fokus pada pelanggan.

Bangun situs web dengan kebutuhan pelanggan kita sebagai pusat strategi. Membangun situs web bukanlah sebuah pengalaman yang menakutkan. Jika kita menjual produk, kita mungkin memerlukan situs web yang dapat menangani transaksi e-niaga dan pemenuhan pesanan tanpa masalah pelanggan.

Dalam proses pembuatannya, tentu saja kita tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang perlu di persiapkan ketika kita ingin membuat sebuah website. Kita harus membeli sebuah domain yang sesuai dengan nama brand yang kita jalankan. Kemudian, kita juga harus menentukan menggunakan tipe hosting seperti apa. Jika website yang kita kelola hanya sebagai katalog saja, maka kita bisa menggunakan shared hosting. Selain harganya yang murah, share hosting juga terbilang aman. Namun apabila kita ingin menjadikan website kita sebagai tempat transaksi, mungkin kita harus menggunakan VPS hosting, agar website kita tidak terganggu ketika sedang online.

 

 

Apa yang harus dilakukan saat situs web kita telah aktif?

Pada tahap ini, kita tahu betul apa yang kita jual. kita telah membangun situs yang hebat dan siap untuk menjalankan bisnis. Tetapi memulai dan menjalankan bisnis online tidak berakhir di situ. Membuat situs web hanyalah tahap awal dari cara mudah kelola bisnis online kita. Selanjutnya kita juga harus menentukan strategi bisnis yang akan digunakan dalam mengelola bisnis online kita tersebut.

Mulailah ngeblog segera

Blog bisnis telah terbukti menjadi salah satu cara terbaik dan termurah (dibandingkan dengan bayar per klik) untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang tepat. Melalui blog, kita dapat memberikan informasi dan sumber pendidikan secara gratis kepada calon pelanggan kita. kita juga akan mendapatkan lalu lintas pencarian dan peringkat yang lebih baik. Buat teks, video, gambar, dan jika bisa konten audio, orang akan menganggapnya sangat menarik. kita dapat mendistribusikan konten di situs sosial media, direktori, dan bahkan situs web yang kita miliki. Ini cara terbaik untuk membangun otoritas di ceruk pasar bisnis kita.

HubSpot dan Kissmetrics, keduanya perusahaan pemasaran, secara konsisten membuat konten luar biasa untuk mendidik pelanggan mereka. Mereka sekarang dianggap sebagai pemimpin pemikiran dalam industri mereka. kita dapat membangun kehadiran online perusahaan  dengan berbagai cara. Yang penting adalah menjelajahi, mengukur, dan berpegang pada apa yang berhasil untuk kita, dan melakukan lebih banyak hal yang berhasil untuk bisnis kita. Hal itu adalah salah satu cara mudah mengelola bisnis online yang baik dan benar.

Bereksperimenlah dengan konten yang berbeda untuk melihat apa yang beresonansi dengan pelanggan kita– jangan terus melakukan hal yang sama jika tidak menghasilkan konversi. Variasikan konten kita dan lakukan lebih banyak hal yang mengubah. Dan, dengan segala cara, bersikaplah sosial. Jika target audiens kita ada di situs sosial. Gunakan untuk keuntungan bisnis kita.

Dalam membuat sebuah blog, kunci utamanya terletak pada tulisan. Ya, tulisan dalam blog bisnis kita menjadi daya tarik utamanya. Untuk itu, penulisan yang bagus akan mempengaruhi seberapa besar lalu lintas yang kita dapatkan. Melalui tulisan tersebut, kita harus menggunakan kalimat persuasif, artinya mengajak orang-orang untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang kita miliki. Hal itu juga di dukung dengan gambar atau visual yang menarik. Jangan lupa, kita harus menyampaikan secara jujur mengenai spesifikasi produk yang kita miliki agar nantinya, calon pembeli tidak merasa kecewa ketika sudah menggunakan produk kita.

Jangan mengabaikan pengoptimalan SEO

Setelah kita menjalankan dan menjual, berinvestasi dalam pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk memastikan pasar sasaran dapat menemukan situs kita dengan mudah di mesin telusur. SEO adalah inti dari visibilitas jangka panjang situs kita. Iklan bayar per klik adalah opsi populer jika kita memiliki anggaran dalam pemasaran. Ini memungkinkan kita untuk mendapatkan lalu lintas langsung.

 

PPC juga dapat membantu kita untuk menemukan kata kunci terbaik yang mengirimkan lalu lintas ke situs kita. Pendekatan PPC untuk pemasaran membantu kita menemukan dan mendistribusikan kata kunci yang tepat di seluruh situs kita (melalui pesan pemasaran dan blog bisnis), yang akan membantu peringkat kita dalam hasil pencarian organik.

Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah matriks yang membuat sebuah website atau toko online menduduki peringkat teratas ketika dilakukan pencarian melalui mesin pencari. Bagaimana cara menggunakan SEO yang baik dan benar? Menggunakan SEO tentu saja berhubungan juga dengan kata kunci. Kita harus menentukan kata kunci apa yang harus kita gunakan. Semakin spesifik dan khusus kata kuncinya, maka kita bisa mendapatkan hasil yang optimal. Namun, apabila kita memiliki kompetitor yang banyak, maka persaingan pun akan semakin ketat. Untuk itu, perang kata kunci akan menjadi faktor yang menentukan apakah situs web milik kita bisa menempati peringkat pertama mengalahkan kompetitor kita.

Perhatikan tren industri

Dalam cara mudah kelola bisnis online, kita harus mengetahui bahwa hal terburuk untuk bisnis apa pun adalah kehilangan harapan pelanggan. Terus ikuti tren industri kita agar tetap relevan saat kita tumbuh. Dunia online akan terus berkembang. kita tidak ingin melewatkan apa pun yang dapat membuat perbedaan besar bagi bisnis kita.

Untuk selalu mengikuti trend yang ada, tentu saja penggunaan sosial media yang baik juga diperlukan. Mengapa bisa begitu? Karena saat ini media sosial justru sudah menjadi corong utama dalam penyebaran trend yang ada. Setiap ada trend baru, maka sosial media akan mengaksesnya lebih dahulu. Untuk itulah, kita harus selalu menggunakan sosial media dengan baik agar tidak ketinggalan trend.

Kita juga bisa mengunjungi situs khusus untuk mengetahui trend yang sedang terjadi. Itu semua tergantung dengan jenis bisnis yang kita jalankan. Misalkan kita menjalankan bisnis fashion, maka kita hanya perlu masuk ke laman situs yang membahas mengenai trend fashion yang ada saat ini. Begitupun ketika kita menjalankan bisnis lainnya.

Tetap konsisten

Prinsip memulai, mengelola, dan mengembangkan bisnis online tidaklah berubah secara fundamental, tetapi ada pendekatan yang lebih baik setiap tahun. Jika kita baru memulai, gigihlah, jangan menyerah saat kita menghadapi tantangan. Selalu tinjau proses kita dan lakukan lebih banyak hal yang berhasil. Upaya kita akan terbayar pada akhirnya jika kita berhasil memecahkan masalah yang sebenarnya.

Strategi Pemasaran Yang Tepat

Strategi pemasaran juga merupakan hal utama dalam cara mudah kelola bisnis online. Bagaimana cara menentukan strategi pemasaran yang tepat? Pertama kita harus tahu seberapa besar biaya yang kita miliki. Jika kita memiliki biaya yang cukup banyak untuk melakukan paid promote, maka kita bisa melakukannya untuk mendapatkan lalu lintas yang tinggi.

Strategi yang paling sederhana saat ini sebenarnya adalah dengan memanfaatkan sosial media. Banyak cara yang bisa dilakukan melalui sosial media seperti ads, endorse dan promote. Jika memang kita memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan endorse, maka sebaiknya kita melakukannya. Karena saat ini, endorse terbukti dapat mendatangkan calon pembeli dengan sangat efektif. Begitu juga dengan memasarkan melalui ads, hal tersebut bisa menjadi sangat efektif.

Sosial media yang dimaksud saa ini tidaklah social media secara khusus saja, tapi bisa menggunakan banyak sosial media. Apa saja sosial media yang bisa menjadi alat untuk menjalankan bisnis kita? Instagram, facebook, twitter, tiktok bahkan linkedin bisa menjadi sosial media yang sangat cocok untuk mengelola bisnis kita.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara mudah kelola bisnis online adalah dengan memperhatikan cara kita berdiskusi dengan pelanggan melalui chat. Kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan, agar pelanggan tidak merasa kalau bisnis yang kita kelola adalah bisnis yang buruk. Selain kata-kata yang harus digunakan haruslah kata-kata sopan, kita juga harus merespon secara cepat ketika ada pelanggan yang bertanya kepada kita. Hal itu juga menentukan apakah pelanggan akan membeli produk milik kita, atau tidak jadi membelinya.

Itulah dia beberapa cara mudah mengelola bisnis yang bisa kita gunakan. Namun ada satu cara yang lebih mudah dalam mengelola bisnis kita, yaitu dengan mendaftarkannya di web.gampangjualan.id. disana, kita akan mendapatkan pelayanan penuh dalam mengelola bisnis. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Related Articles