Manfaat Internet dan Sosial Media

Internet dan media sosial memberikan berbagai manfaat dan kesempatan kepada kaum muda untuk memberdayakan diri dengan berbagai cara. Kaum muda dapat memelihara hubungan sosial dan mendukung jaringan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan, dan dapat mengakses lebih banyak informasi daripada sebelumnya. Komunitas dan interaksi sosial yang dibentuk oleh kaum muda secara online dapat sangat berharga untuk memperkuat dan mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial kaum muda.

 

Penggunaan media sosial dan layanan jejaring seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Snapchat telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Sementara banyak yang mengasosiasikan media sosial dengan degradasi jaringan sosial dan keterampilan komunikasi anak muda, tinjauan pustaka yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Koperasi Muda dan Baik menemukan bahwa layanan jejaring sosial sebenarnya memainkan peran penting dalam kehidupan anak muda – memberikan hasil pendidikan; memfasilitasi hubungan yang mendukung; pembentukan identitas; dan, meningkatkan rasa memiliki dan harga diri.

 

Lalu apa saja manfaat positif dari menggunakan internet serta sosial media? Berikut ini beberapa manfaat positif internet dan media sosial bagi kaum muda.

 

Orang muda sebagai peserta sosial dan warga negara yang aktif

Layanan jejaring sosial dapat menyediakan perangkat yang dapat diakses dan kuat untuk menyoroti dan bertindak pada masalah dan penyebab yang memengaruhi dan menarik minat kaum muda. Layanan jejaring sosial dapat digunakan untuk mengatur kegiatan, acara, atau kelompok untuk menampilkan masalah dan pendapat dan membuat audiens yang lebih luas menyadarinya. Misalnya mengkoordinasikan kegiatan band, penggalangan dana, dan menciptakan kesadaran tentang berbagai penyebab.

 

Kaum muda mengembangkan suara dan membangun kepercayaan

Layanan jejaring sosial dapat digunakan untuk mengasah keterampilan berdebat dan berdiskusi dalam konteks lokal, nasional, atau internasional. Ini membantu pengguna mengembangkan cara publik menampilkan diri mereka. Keterampilan pribadi sangat penting dalam konteks ini: untuk menjalin, mengembangkan dan menjaga persahabatan, dan dianggap sebagai koneksi tepercaya dalam suatu jaringan. Layanan jejaring sosial dapat memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk belajar bagaimana berfungsi dengan sukses dalam komunitas, menjelajahi ruang sosial publik dan mengembangkan norma dan keterampilan sosial sebagai peserta dalam kelompok sebaya.

 

Kaum muda sebagai pembuat konten, manajer dan distributor

Layanan jejaring sosial mengandalkan partisipasi aktif: pengguna mengambil bagian dalam aktivitas dan diskusi di situs, dan mengunggah, memodifikasi, atau membuat konten. Ini mendukung kreativitas dan dapat mendukung diskusi tentang kepemilikan konten dan manajemen data.

 

Kaum muda yang menggunakan layanan jejaring sosial untuk menampilkan konten – musik, film, fotografi atau tulisan – perlu mengetahui izin apa yang mereka berikan kepada layanan host, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana dan apa yang mereka tempatkan di situs. Pengguna mungkin juga ingin menjelajahi opsi lisensi tambahan yang mungkin tersedia bagi mereka dalam layanan – misalnya lisensi Creative Commons – untuk memungkinkan mereka berbagi pekerjaan mereka dengan orang lain dalam berbagai cara.

 

Orang muda sebagai kolaborator dan pemain tim

Layanan jejaring sosial dirancang untuk mendukung pengguna bekerja, berpikir, dan bertindak bersama. Mereka juga membutuhkan keterampilan mendengarkan dan berkompromi. Kaum muda mungkin perlu meminta bantuan dan saran dari orang lain dalam menggunakan layanan, atau memahami cara kerja platform dengan mengamati orang lain, terutama di game yang kompleks atau lingkungan virtual. Setelah pengguna mengembangkan kepercayaan diri di lingkungan baru, mereka juga akan mendapatkan pengalaman untuk membantu orang lain.

 

Orang muda sebagai penjelajah dan pembelajar

Jaringan sosial mendorong penemuan. Jika seseorang tertarik pada buku, band, resep, atau ide tertentu, kemungkinan minat mereka akan dipenuhi oleh layanan jejaring sosial atau grup dalam suatu layanan. Jika pengguna mencari sesuatu yang lebih spesifik atau tidak biasa maka mereka dapat membuat grup atau situs jejaring sosial mereka sendiri. Layanan jejaring sosial dapat membantu kaum muda mengembangkan minat mereka dan menemukan orang lain yang memiliki minat yang sama. Mereka dapat membantu memperkenalkan kaum muda pada hal-hal dan ide-ide baru, dan memperdalam apresiasi terhadap minat yang ada. Mereka juga dapat membantu memperluas wawasan pengguna dengan membantu mereka menemukan bagaimana orang lain hidup dan berpikir di seluruh bagian dunia.

 

Itulah dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam penggunaan internet, khususnya dalam berselancar di media sosial bagi anak muda. Keahlian dalam menggunakan sosialmedia sebagai lahan penghasil uang juga bisa di kembangkan, salah satu caranya dengan mengikuti kursus online. Universa.co.id menyediakan berbagai macam kursus online terkait dunia digital. Apakah anda ingin memiliki kemampuan digital marketing yang baik? Yuk segera bergabung dengan Universa!

Related Articles