Pemasaran Digital, Penglaris Dagangan Paling Ampuh Abad ini!

Tanyakan kepada pemimpin perusahaan papan atas mana pun tentang apa sih penglaris dagangan paling ampuh di era ini? Maka strategi pemasaran digital yang kuat tidak diragukan lagi akan ditempatkan sebagai nomor satu. Pemasaran digital lebih terjangkau, fleksibel, dan menarik daripada metode pemasaran tradisional. Bahkan perusahaan kecil dan menengah dengan kinerja terbaik menemukan persaingan yang lebih baik, praktik terbaik yang lebih baik, dan peningkatan keterlibatan melalui pemasaran digital.

Aliran pemasaran digital tidak dikhususkan untuk perusahaan besar. Terlepas dari ukuran, industri atau geografi, digital adalah kebutuhan untuk pertumbuhan dan inovasi bisnis saat ini dan seterusnya.

Lalu kenapa pemasaran digital bisa menjadi penglaris dagangan paling ampuh yang ada pada era digital seperti saat ini? Berikut ini akan diberikan beberapa alasannya.

 

Biaya Pemasaran Digital Lebih Rendah Dibandingkan Pemasaran Tradisional

Kampanye pemasaran tradisional, termasuk media cetak dan televisi, lebih mahal karena sumber daya yang mahal dan kesulitan melacak ROI. Pemasaran digital menggunakan penelitian dan analitik bertarget untuk dengan cepat menentukan pendekatan mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak sebanding dengan biaya atau sumber daya. Jadi, sebagian besar saluran pemasaran digital cenderung lebih murah sejak awal dan mencegah pengeluaran berlebihan untuk kampanye yang berkinerja buruk.

Namun ada beberapa hal yang perlu diketahu juga. Pemasaran digital memang telah menjadi penglaris dagangan yang paling ampuh. Harganya juga lebih terjangkau, namun itu semua tergantung dengan target kita. Semakin besar biaya yang dikeluarkan dalam menggunakan pemasaran digital, maka semakin besar juga dagangan kita menjadi laris. Jadi, kita juga harus menentukan seberapa besar anggaran yang diperlukan untuk melakukan pemasaran digital.

Bisnis Kecil Lebih Kompetitif Menggunakan Pemasaran Digital

Pemasaran digital menutup sebagian besar kesenjangan antara perusahaan besar, menengah, dan kecil karena memanfaatkan setiap level dengan banyak sumber daya yang sama. Sementara perusahaan besar dengan anggaran lebih besar akan dapat membelanjakan lebih banyak untuk iklan berbayar dan perangkat lunak canggih, pemasaran digital memberi UKM lebih banyak peluang untuk bersaing, meningkatkan kesadaran merek, dan membangun audiens.

Walaupun anggaran yang digelontorkan juga mempengaruhi seberapa besar lalu lintas yang bisa kita dapatkan, namun faktor lainnya juga bisa mempengaruhinya, seperti pembuatan konten yang kreatif. Hal itu akan membuat orang-orang lebih tertarik untuk menggunakan atu membeli produk kita. Itulah mengapa dikatakan pemasaran digital merupakan penglaris dagangan yang sangat ampuh.

 

Hasil Program Pengukuran ROI

            Sebelum melanjutkan memberikan alasan mengapa pemasaran digital merupakan penglaris dagangan paling ampuh saat ini, kita harus lebih dahulu membahas apa itu ROI. ROI adalah singkatan dari Return of Investment, yang jika diterjemahkan ke dalam bahsa Indonesia adalah rasio yang menunjukan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Rasio ini menunjukan hasil dari seluruh aktiva yang dikendalikan dengan mengabaikan sumber penandaan, rasio ini bisa diukur dengan persentase. Secara singkat, ROI adalah rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi.

ROI mengajukan pertanyaan, “Jenis hasil apa yang diberikan program saya?” Meskipun itu bukan ukuran pemasaran yang paling mudah untuk dihitung, produk jadi sangat berharga untuk mengukur kesuksesan. Atribusi tunggal (sentuhan pertama / sentuhan terakhir) adalah metode pengukuran yang digunakan oleh hampir setengah dari tim pemasaran. Metode ini mengakui teori bahwa dibutuhkan rata-rata tujuh sentuhan untuk mengubah prospek dingin menjadi penjualan, dan memberikan nilai tertinggi pada sentuhan pertama atau terakhir. Dalam hal pemasaran tradisional, jauh lebih sulit mengukur ROI iklan cetak daripada mengukur iklan digital, karena audiens iklan cetak jauh lebih luas. Dengan pemasaran digital, yang dapat menargetkan audiens tertentu, lebih mudah untuk menentukan iklan mana yang mengarah ke penjualan mana. Metode lain untuk mengukur ROI adalah pengaitan di berbagai program dan orang, grup pengujian dan kontrol, dan pemodelan bauran pasar.

 

Pangsa Pasar Online Memperjelas Angka Penjualan

Pangsa pasar online adalah persentase dari total penjualan pasar yang diperhitungkan perusahaan. Angka ini ditentukan dengan membagi total penjualan perusahaan dengan penjualan online dan mengalikan angka tersebut dengan 100. Manfaatnya? Pangsa pasar memberikan konteks angka penjualan, memungkinkan perusahaan untuk melihat penjualan mereka mengenai ukuran pasar. Perusahaan melihat dengan tepat bagaimana mereka mengukur persaingan, yang menginformasikan inovasi bisnis dengan lebih baik. Itulah mengapa dikatakn bahwa pemasaran digital adalah penglaris dagangan yang sangat baik saat ini.

 

Lebih Mudah Menguji Komunikasi A / B

Salah satu tunjangan terbaik pemasaran digital adalah kemampuan perusahaan untuk bereksperimen dengan hampir setiap aspek kampanye pemasaran. Pengujian A / B lokasi CTA pendaftaran email, warna spanduk promosi, baris subjek, dll., Jauh lebih mudah — dan hasilnya tersedia lebih cepat — di saluran digital. Dengan ketekunan, perubahan sederhana dapat dilacak dan digunakan untuk menargetkan pelanggan dengan lebih efektif. Misalnya, pengujian dapat digunakan untuk lebih melibatkan audiens target, meningkatkan CTR, membantu mendorong pembeli melalui perjalanan mereka, dan banyak lagi. Hasil pengujian A / B juga dapat digunakan untuk meningkatkan penargetan iklan cetak. Misalnya, jika perusahaan menargetkan audiens yang sama di Google seperti di iklan majalah cetak, bahasa yang sama akan efektif untuk keduanya.

 

Pemasaran Seluler Meningkatkan Keterlibatan

Tahukah Anda bahwa banyak orang bahkan tidak memiliki komputer desktop lagi? Pemasaran seluler membuka seluruh dunia peluang untuk peningkatan keterlibatan, mulai dari menciptakan pengalaman pengguna yang lebih dipersonalisasi hingga menjangkau pengguna baru. Menurut Indeks Web Global, lebih dari 80% pengguna internet memiliki ponsel cerdas, dan 90% waktu yang dihabiskan di ponsel cerdas dikhususkan untuk aplikasi. Pemasaran seluler — dari email dan desain iklan sosial hingga SEO hingga aplikasi bermerek — memungkinkan Anda menjangkau pengguna di lingkungan paling asli mereka.

Saat ini di Indonesia sendiri, pengguna seluler sudah lebih dari 150 juta orang. Itu berarti, saat ini mayoritas masyarakat Indonesia berkomunikasi jarak jauh menggunakan seluler serta internet. Hal itu menjadikan pemasaran digital sangat cocok untuk era ini sebagai penglaris dagangan terbaik, karena otomatis pengguna internet yang ada juga sangat banyak dan mereka merupakan target pasar yang sangat potensial.

 

Analytics Meningkatkan Model Bisnis

Mengukur analitik digital membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat tentang di mana harus menginvestasikan sumber daya mereka, meningkatkan efisiensi . Mengumpulkan nomor untuk saluran pemasaran tradisional adalah proses manual, sementara sebagian besar platform digital, termasuk media sosial dan otomatisasi pemasaran, memiliki dasbor analitik bawaan dengan semua data tersedia secara otomatis. Lihat laporan di dasbor untuk memudahkan visual, dan petakan perjalanan pelanggan, mengukur metrik kinerja di setiap langkah.

 

Digital Memberikan Perhatian Pribadi

Pasar yang paham teknologi telah membuat pelanggan dan pembeli mengharapkan perhatian individu yang dipersonalisasi. Click To Tweet Pemasaran digital menghilangkan pendekatan lama “satu ukuran cocok untuk semua” dalam pemasaran dengan memberikan wawasan yang lebih baik kepada perusahaan tentang segmentasi. Menggunakan hasil dari pelacakan perilaku pelanggan untukmempersonalisasi penjangkauanmenciptakan pengalaman pelanggan yang ideal. Pengalaman pelanggan yang lebih baik berarti peningkatan kepercayaan dan loyalitas, akun yang lebih tertutup, dan tim pendukung merek yang berkembang.

 

Otomasi Pemasaran Memungkinkan Bisnis Kita Tumbuh Lebih Besar Dari Sebelumnya

Banyak tugas pemasaran rutin yang sederhana — termasuk pelaporan — dapat diotomatiskan ketika dilakukan secara digital, dengan platform otomatisasi pemasaran yang kuat . Ini memungkinkan manajer dan tim pemasaran untuk fokus pada pembuatan strategi yang efektif dan mengukur analitik yang bermakna. Sistem ini memungkinkan tim pemasaran dan penjualan fokus pada keahlian mereka, dan mengoptimalkan strategi, tanpa membuang sumber daya untuk tugas-tugas yang lebih kecil.

 

Penyebaran Informasi Melalui Email Masih Merupakan Cara Komunikasi Yang Efektif

Strategi pemasaran digital yang baik harus memenuhi preferensi audiens. Faktanya, kebanyakan orang, 72% , lebih suka melihat informasi seputar barang yang dijual melalui email, membuat alasan kuat untuk strategi pemasaran email yang menarik . Pemasaran email menempatkan pesan bertarget tepat di depan pelanggan dan calon pelanggan. Saat otomatis, email pemicu bahkan dapat dikirim secara otomatis berdasarkan aktivitas pelanggan, yang selanjutnya mempersonalisasi interaksi.

 

Media Sosial Membangun Kepercayaan

Referensi dari seorang teman secara instan membuat perusahaan tampak lebih dapat dipercaya oleh calon pelanggan kita. Iklan digital memanfaatkan media sosial untuk membuat “like” dan ulasan online lainnya terlihat oleh teman dari pelanggan. Rekomendasi membuat perusahaan menonjol dari persaingan, secara otomatis membangun kepercayaan.

Selain karena referensi dari para pembeli kita untuk mendapatkan pembeli lainnya, sosial media juga bisa berfungsi sebagai media kita untuk mempromosikan barang dagangan kita. Dengan mengunggah produk kita di sosial media dengan konten yang menarik disertai tulisan atau caption yang persuasif, hal itu bisa mendatangkan pelanggan baru kepada kita. Kita juga bisa melakukan paid promote melalui sosial media, tujuannya adalah agar barang dagangan kita semakin banyak yang melihat. Semakin banyak orang yang melihat barang dagangan kita, semakin besar juga potensi seseorang akan membeli barang kita.

 

SEO Menempatkan Merek kita Di Mana Audiens Dapat Menemukannya

Semua orang menggunakan Google. Faktanya, 81% dari siklus pembelian B2B dimulai dengan pencarian web. Itulah mengapa pengoptimalan mesin telusur (SEO) memiliki ROI terbaik dari saluran pemasaran digital mana pun. Agar perusahaan dapat dilihat di Google, itu harus muncul di halaman pertama mesin pencari. Strategi SEO yang solid digunakan untuk meningkatkan peringkat Google perusahaan.

 

Memenuhi Tujuan Bisnis dengan Pemasaran Digital

Jalan untuk mencapai tujuan bisnis dan meraih kesuksesan adalah melalui strategi pemasaran digital yang kuat. Efisiensi biaya yang lebih baik, lebih banyak data untuk menginformasikan keputusan yang lebih baik, dan membangun kepercayaan pelanggan hanyalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari pemasaran digital. Mulailah dengan menyelidiki solusi pemasaran email. Ada banyak platform yang tersedia untuk membantu Anda memulai dengan sangat cepat. Jika Anda sudah melakukan pemasaran email, pertimbangkan apakah Anda siap untuk meningkatkan ke sistem otomasi lengkap.

Itulah dia mengapa pemasaran digital merupakan penglaris dagangan paling ampuh yang ada di era digital saat ini. Untuk mempermudah dalam melakukan pemasaran digital, kalian bisa mencoba bergabung bersama web.gampangjualan.id. Di sana, segala kebutuhan kita mengenai pemasaran digital akan terpenuhi. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Related Articles