Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh pedagang online adalah mendapatkan pembeli online. Memang kelihatannya cukup mudah, namun nyatanya dalam pengaplikasiannya memang cukup tricky. Mendapatkan pembeli tentu saja bisa menggunakan berbagai macam konsep serta srategi, namun yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana cara dapatkan pembeli online menggunakan aplikasi digital.

Ketahui Apa Itu Aplikasi Digital

Pertama yang perlu diketahui adalah apa itu aplikasi digital. Aplikasi digital adalah adalah penerapan sebuah program tertentu yang dijalankan secara digital. Sebenarnya mayoritas masyarakat di Indonesia sudah sangat akrab dengan aplikasi digital, seperti youtube, twitter, Instagram dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut bisa menjadi sarana untuk mendapatkan pembeli dari prosuk yang kita jual. Lalu bagaimana cara dapatkan pembeli online?

Memasarkan Produk Melalui Media Online

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah memperkenalkan produk yang kita miliki melalui aplikasi digital seperti blog. Ya, menulis blog terkait dengan produk kita agar para calon pembeli tahu mengenai produk yang dijual. Disana bisa diselipkan kata-kata yang bersifat persuasif atau ajakan agar orang mau menggunakan produk yang kita jual disertai dengan audio dan visual yang mendukung.

Menulis blog terkait produk yang dijual tentu saja lebih baik dilakukan jika kita memiliki domain sendiri. Banyak orang yang menganggap bahwa membeli domain hanyalah buang-buang uang saja, padahal dengan membeli domain dan memiliki website sendiri justru bisa mendapatkan traffic penjualan yang lebih baik dan bisa mendapatkan pembeli online secara signifikan. Hal itu karena tingkat kritis konsumen Indonesia yang tinggi, sehingga ketika konsumen melihat bahwa sebuah produk memiliki website yang menjelaskan spesifikasinya secara utuh, akan memperkuat keyakinannya untuk menggunakan produk tersebut.

Selain menulis blog, kita juga bisa menggunakan email sebagai alat untuk mendapatkan pembeli online. Dengan menuliskan email terkait produk disertai spesifikasi dan alasan kenapa harus membeli produk tersebut memang cara yang sangat mudah, namun efektif. Secara pribadi calon pembeli akan mendapatkan spesifikasi produk yang di jual, sehingga calon pembeli potensial pun akan berdatangan. Intinya, email haruslah di sebar seluas mungkin menggunakan database yang dimiliki oleh perusahaan anda. Anda juga bisa menawarkan keuntungan seperti akan mendapatkan kupon atau voucher untuk menarik perhatian calon pembeli. Selain itu, melalui email kita juga bisa menerima saran secara langsung dari para konsumen agar produk yang kita jual lebih baik lagi.

Manfaatkan Facebook Untuk Mendapatkan Pembeli

Cara dapatkan pembeli online selanjutnya adalah menggunakan facebook. Ya, facebook sangat cocok menjadi aplikasi yang bisa mendatangkan pembeli online secara cepat. Facebook juga merupakan salah satu social media yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. banyaknya pengguna facebook tersebut menjadi acuan kenapa kita harus memasarkan produk kita melalui facebook. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan melalui facebook, salah satunya adalah dengan mengaktifkan facebook ads.

Facebook ads adalah sebuah system periklanan yang dimiliki oleh facebook untuk membantu para pengusaha agar bisa mengiklankan dan mendapatkan pembeli secara cepat. System kerjanya juga sangat mudah, hanya dengan membayar sejumlah biaya kepada facebook, kemudian mengatur target audience yang akan menerima iklan tersebut, maka secara otomatis orang-orang yang sesuai dengan target yang telah di atur akan mendapatkan iklan dari produk yang di iklankan. Semakin banyak biaya yang dikeluarkan, maka potensi untuk mendapatkan pembeli juga akan semakin besar.

Selain facebook ads, ada juga system live streaming yang ada di facebook. Banyak sekali orang-orang yang melakukan live streaming untuk menjelaskan kelebihan dari produk yang dijual. Secara psikologis, orang akan lebih percaya terhadap suatu produk apabila produk tersebut bisa dilihat secara langsung. Hal itulah yang membuat live streaming menjadi sangat cocok dalam system penjualan online saat ini. Dengan memperlihatkan produk secara langsung kepada para penonton, otomatis kepercayaan penonton akan meningkat terhadap produk tersebut dan bisa menghasilkan calon pembelin online baru.

Kita juga bisa menggunakan Google Analytics sebagai layanan gratis yang bisa mengukur traffic yang didapatkan oleh social media maupun website yang kita miliki. Statistik situs web kita (atau analitik) akan menunjukkan kepada kita apa yang dilakukan pelanggan kita di situs kita, termasuk halaman web mana yang mereka masuki, waktu yang mereka habiskan di halaman tertentu, dan rute yang mereka ambil untuk meninggalkan situs kita. Terkadang, beberapa alat akan menampilkan informasi tambahan, misalnya seberapa sering pelanggan mengunjungi situs kita.

Kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Google Analytics adalah layanan yang sepenuhnya gratis, memungkinkan kita mengukur lalu lintas dengan lebih banyak cara daripada yang dapat kita pikirkan.

Pemasaran Menggunakan Twitter

Selain facebook, kita juga bisa menggunakan twitter sebagai alat untuk mendapatkan pembeli online. Twitter sendiri merupakan aplikasi yang penggunaannya sangat mudah dan tidak rumit, hanya berupa kata-kata yang bisa ditambahkan gambar atau video. Twitter juga menyediakan ads atau iklan, dimana kita bisa mengiklankan produk atau layanan kita disana. Nantinya, iklan tersebut akan terkirim kepada orang-orang yang sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh algoritma twiter. Walaupun bisa dikatakan saat ini twitter bukanlah aplikasi yang popular, namun terbukti penjualan melalui twitter sangat efektif.

Instagram Sebagai alat Pemasaran Eektif

Ada juga Instagram, aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Di Instagram, cara dapat pembeli online sangat mudah. Kita hanya perlu membuat konten serta caption yang menarik agar orang-orang mau membeli produk kita. Sama seperti dua aplikasi yang dibahas sebelumnya, Instagram juga memilikiki fitur promote atau ads. Promote yang digunakan bertujuan untuk mendapatkan engagement lebih banyak. Semakin banyak orang yang dijangkau, semakin tinggi juga kans untuk mendapatkan pembeli online.

Selain melakukan promote, kita juga bisa mengadakan campaign atau event yang menawarkan hadiah menarik untuk orang-orang yang mengikuti Instagram kita. Hal ini juga berlaku di dua social media yang tadi sudah disebutkan. Event yang dilakukan seperti give away sangatlah efektif. Semua orang menyukai barang gratis, dan jika kita ingin membangun kepercayaan konsumen saat melakukan upaya penjualan, give away dapat membantu kita.

Kita juga bisa melakukan kontes kecil-kecilan. Tujuannya agar konsumen tau kalau barang yang kita jual merupakan barang dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, selain kita akan mendapatkan engagement yang banyak, produk kita juga akan mulai dipercaya oleh orang lain. Ingat, kesan pertama itu penting. Seperti kita pada saat berkenalan dengan lawan jenis, produk yang dijual juga begitu. Jika konsumen mendapatkan kesan yang baik dari produk yang kita juga, maka itu akan sangat menguntungkan kita dan akan membuat konsumen tersebut kembali lagi untuk membeli produk kita kembali.

Ada juga aplikasi seperti tiktok yang saat ini sudah bisa dipasangi iklan. Ya, kita bisa beriklan atau memasang ads di kanal tiktok. Sebagai aplikasi yang terbilang baru, saat ini tiktok cukup popular sehingga memanfaatkan tiktok sebagai cara dapatkan pembeli online merupakan tindakan yang bijak.

Seperti halnya tiktok yang lebih fokus kepada gambar bergerak atau video, youtube juga bisa menjadi cara dapatkan pembeli online yang cepat. Kita bisa mengiklankan produk yang kita inginkan agar bisa dilihat oleh para calon pembeli kita. Seperti yang dikatakn sebelumnya, iklan-iklan tersebut akan diarahkan kepada orang-orang yang sesuai dengan target produk yang sudah di setting oleh kita.

Salah satu cara paling jitu untuk measarkan produk saat ini adalah dengan melakukan endorse. Kita bisa menyewa jasa para influencer untuk mengiklankan produk kita di aplikasi gidital atau social media milik para infulencer tersebut. Hal itu sangat efekif karena influencer memiliki pengikut yang banyak sehingga bisa mendatangkan traffic yang sangat baik untuk penjualan kita. Namun kita juga harus hati-hati untuk memilih endorser, karena kalau kita keliru dalam memilih endorser, maka produk yang kita jual tidak akan laku.

Kita harus menentukan endorser sesuai dengan target pasar yang kita miliki. Jika kita memiliki target pasar wanita berusia 20-40 tahun, maka bekerjasama lah dengan endorser yang memiliki pengikut yang cocok dengan target pasar kita tersebut. Dengan begitu, sebagian dari pengikut endorser tersebut akan tertarik untuk mencoba apa yang di promosikan oleh idolanya.

Kita juga harus memperhatikan strategi yang tepat untuk mendatangkan pembeli online. Dengan membuat konten-konten yang menarik contohnya, bisa mendatangkan pembeli online yang banyak. Selain itu, strategi marketing yang dilakukan dalam bisnis konvensional juga bisa diterapkan dalam bisnis online. Kita bisa menerapkan harga cantic ketika menjual produk kita untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli. Selain itu kita juga bisa menggunakan metode bundling, dimana kita memasangkan dua produk menjadi satu dan dijual dengan harga yang bagus agar para calon pembeli tertarik membeli produk tersebut.

Aplikasi digital yang ada saat ini memang sangat cocok untuk dimanfaatkan sebaga cara dapatkan pembeli online yang banyak. Kebanyakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan tersebut adalah social media. Saat ini, Indonesia menduduki peringkat 10 besar pengguna social media terbanyak di dunia. Artinya, jika kita memasarkan produk kita melalui social media, maka kans untuk emndapatkan pembeli online juga akan lebih besar. Hal ini sudah terbukti berhasil jika kita melihat perusahaan-perusahaan besar yang melakukan promosi gila-gilaan melalui dunia digital.

Yang paling penting dalam promosi digital tidak lain adalah brand awareness. Ya, kepercayaan terhadap brand itu sangat penting. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kesan pertama memang penting, namun menjaga kesan yang baik juga sangat penting. Cara kita berhubungan dengan para pembeli juga menjadi factor apakah pembeli mau mengeluarkan uang untuk membeli produk kita. Jika kita melakukan kesalahan dalam berkomunikasi dengan pembeli, bisa-bisa pembeli tersebut akan pergi, bahkan mempengaruhi orang lain agar tidak membeli produk yang kita miliki. Untuk itu, kita harus menetapkan SOP dalam berkomunikasi baik itu secara langsung maupun secara visual. Untuk usaha online yang segala sesuatunya melalui media daring, maka penggunaan Bahasa yang tepat serta kecepatan dalam membalas pesan juga menjadi factor yang sangat penting.

Dengan pendekatan yang tepat, kita hanya memerlukan sedikit strategi yang tercantum di atas untuk melakukan penjualan pertama dari banyak penjualan. Selain itu, ada alat pemasaran yang bisa memecahkan masalah dalam penanganan bisnis online yaitu web.gampangjualan.id. bagaimana, tertarik untuk mencobanya?